Cara Pemasangan dan Proses Pembesian Kolam Renang

Cara Pemasangan dan Proses Pembesian Kolam Renang, Harga dan Jarak Besi

 Pembesian kolam renang merupakan salah satu tahap penting yang harus diketahui dalam pembuatan kolam renang. Tanpa adanya tahap pembesian tersebut, maka proses pembuatan kolam renang tidak akan berjalan dengan lancar dan kemungkinan akan mengalami masalah setelah beberapa tahun kedepan. Secara umum, struktur kolam renang yang bagus tentunya akan bertahan lebih dari 10 tahun kecuali terjadi gempa bumi, tsunami, kebakaran dan sebagainya.

Memulai pembesian kolam renang akan dimulai setelah beberapa tahap telah selesai dilakukan diantaranya pembowplangan telah dilakukan  dan proses penggalian untuk kolam renang juga telah siap. Mengingat pekerjaan pembesian merupakan pekerjaan yang juga harus terstruktur, maka prose pembesian pun harus dilakukan secara maksimal agar menghasilkan kolam renang yang sempurna dan ketahanannya pun tidak diragukan lagi.

Untuk pembahasan secara rinci, simaklah ulasan berikut ini karena kami akan menyajikan beberapa point penting yang harus diketahui mengenai proses pembesian kolam renang tersebut.

A. Catatan penting dalam proses pembesian kolam renang

Seperti yang kita ketahui dan telah dibahas sebelumnya bahwa, pembesian merupakan hal penting yang harus dilakukan karena hal tersebut merupakan bagian dari struktur. Untuk proses pembesian tersebut khususnya pada pembesian tulangan,  ada 3 catatan penting yang harus diingat demi tercapainya kolam impian, diantaranya :

  1. Anda harus memperhatikan apakah besi tersebut sudah bebas dari kotoran berminyak. Hal ini menjadi catatan penting karena, jika besi dalam keadaan berminyak akan mengakibatkan lemahnya daya tarik rekat pada beton. Jika hal tersebut terjadi, maka kondisi kolam renang yang akan dibuat tidak akan sesuai dengan harapan yang diinginkan.
  2. Meletakkan tulang pembesian juga harus diatur agar terdapat space atau ruang yang tersedia untuk proses terjadinya pemadatan beton.
  3. Jika Anda menggunakan besi yang telah disambung, pastikan adanya overlapping yang sudah sesuai dengan perhitungan dan spesifikasi teknisnya.
READ  Panduan Membuat Kolam Renang Minimalis dengan Benar

Dengan adanya catatan tersebut menandakann bahwa dalam melakukan prosespembesian kolam renang  memang sangat diperlukan kehati-hatian. Hal itu dilakukan guna menghindari hasil ataupun struktur yang tidak sesuai dari  spesifikasi yang telah ditentukan.

B.Cara pemasangan pembesian kolam renang yang efisien

Untuk mendapatkan hasil yang efisien dalam proses pemasangan pembesian kolam renang, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui seberapa banyak kebutuhan besi yang diperlukan tanpa mengurangi ukuran dan material yang telah disiapkan. Maka dari itu ketahuilah hitungan dan batas-batas kebutuhan besi sebelum menyiapkan bahan untuk pembuatan kolam renang. Menentukan ukuran besi tidak boleh dilakukan dengan asal-asalan seperti melebihkan ukuran atau menguranginya agar biaya pengeluaran lebih hemat. Masalah mungkin tidak akan terjadi di awal, lalu bagaimana dengan 3-4 tahun kedepan ? kemungkinan besar kolam renang Anda tidak akan bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Jadi hal tersebut harus benar-benar diukur sesuai kebutuhan dan keperluan.

C.Jarak antar besi dalam pembesian kolam renang

Untuk pembesian konstruksi kolam renang harus dibuat minimal dua lapis dengan jarak 15 cm antar besi atau 20 cm dengann tebal beton antara 15 – 20 cm. Mengapa harus seperti itu ?karena pada tahap pembesian nanti akan ada banyak sparing pipa yang tertanam pada beton dalam tahap pemasangan aksesoris pada kolam renang yang nantinya pipa-pipa kolam tersebut menimbulkan getaran dan akan rawan terjadi kebocoran. Namun hal ini tidak berlaku pada pembuatan saluran gutter overlow yang pembesiannya hanya memerlukan satu lapis dengan jarak besi antara 15 cm dengan tebal beton dinding 7 cm dan untuk tebal beton lantai 12 cm.

D.Menghitung kebutuhan besi kolam renang

Menghitung kebutuhan besi yang akan digunakan juga menjadi hal penting yang harus dilakukan. namun pada dasarnya, rinciannya pun sama dengan bahan material lainnya. Untuk mendapatkan perhitungan kebutuhan besi yang evisien, perlu diperhatikan diantaranya :

  1. Menghitung volume kolam renang

Dalam perhitungan volume kolam renang dapat di ibaratkan seperti ini, untuk ukuran 3×7 m dengan kedalaman 1,5 m maka dapat disimpulkan 3x7x1,5=31,5 m3

  1. Menentukan ukuran besi tulangan yang dibutuhkan

Melakukan pembesian kolam renang secara umum memakai diameter 10-12 mm. Setiap 1 m3 akan dibutuhkan besi dengan ukuran sepanjang 12 meter. Maka kesimpulan perhitungannya adalah 31,5:1×12=378 meter. Untuk saat ini, harga pasaran setiap satu batang besi sekitar Rp 40.000. dari perhitungan tersebut biaya kebutuhan besi yang akan dikeluarkan untuk kolam renang dengan ukuran 3×7 menjadi 378:12=31,25×40.000 = Rp 1.260.000,.

READ  Tips Membuat Kolam Renang Sederhana di Rumah

Perhitungan tersebut belum termasuk pada kebutuhan besi untuk dak dan nutting. Jika Anda bingung dan tidak yakin dalam perhitungan tersebut , silahkan melakukan konsultasi pada kolambali.com

E.Standar besi yang umum digunakan dalam kolam renang

Jika Anda ingin membuat kolam renang pribadi pada rumah Anda, cukup menggunakan besi polos. Pada umumnya, kebanyakan orang memakai besi tersebut jika hanya untuk pribadi. Untuk ukurannya, Anda bisa memakai besi polos dengan ukuran 12 mm atau 10 mm dan untuk sabuknya 8 mm. Namun jika anda ingin kolam renang dengan ukuran bisa, disarankan untuk memakai besi ulir karena besi ulir memang secara umu digunakan untuk pembesian kolam renang dengan ukuran besar. Namun secara umum, besi dapat dikelompokkan kedalam 3 macam diantaranya :

  • Besi full

Besi full memiliki ukuran panjang dan diameter yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Jika Anda membutuhkan panjang 12 meter maka diameternya pun harus pada angka 12 mm.

  • Besi gemuk

Besi gemuk sendiri memiliki perbedaan ukuran terhadap besi full. Besi gemuk memiliki ukuran diameter yang lebih besar dari angka panjang. Jika Anda menginginkan panjang 10 meter maka ukuran diameternya harus lebih besar. Secara umum biasa digunakan dengan ukuran 11 mm atau 12 mm.

  • Besi kurus

Untuk macam besi kurus memiliki perbedaan pada besi gemuk. Ukurannya dapat dilihat dari kebalikan besi gemuk. Angka diameter dari besi kurus harus lebih kecil dari ukuran  panjangnya. Jika panjangnya 10 mm maka diameternya berada pada ukuran 9 mm atau 8 mm.

F.Harga besi

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa harga besi secara umum berkisar antara 40-50 ribu rupiah perbatangnya. Jika Anda bingung mencari besi dimana, silahkan konsultasikan pada kolambali.com karena segala apapun yang Anda belum ketahui akan dijelaskan secara rinci.

Jadi itulah pembahasan secara rinci mengenai pembesian kolam renang. Pembahasan tersebut dapat menjadi refrensi Anda yang ingin membuat kolam renang namun khawatir untuk salah langkah dengan bahan-bahan yang akan digunakan. Hubungi kontraktor kolam renang murah

READ  Panduan Membuat Kolam Renang Minimalis dengan Benar

Hal yang perlu diketahui sebelum melakukan proses pembuatan kolam renang yaitu tidak melakukan penekanan biaya sesuai anggaran pembuatan kolam renang sehingga Anda nekat untuk mengurangi spek penulangan atau struktur kolam renang itu sendiri. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.